TKI di Korea Dapat Fasilitas HP Gratis

JAKARTA, (PRLM).- Instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tentang perlunya pemilikan telefon genggam/hand phone (HP) bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) selama bekerja di luar negeri segera terwujud. Hal ini khusunya untuk TKI yang bekerja di Korea Selatan.
Menurut siaran pers Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI), di Jakarta, Jumat (3/2), PT OK COM menggandeng perusahaan di Korea, SK Telecom untuk membagikan gratis sekitar 10 ribu telefon genggam tersebut. Hal itu dilakukan secara berkala selama setahun kepada TKI yang akan bekerja di Korea Selatan.
Kepedulian PT OK COM ini disampaikan langsung melalui Surat Persetujuan Penyerahan Bantuan Telepon Seluler kepada TKI Korea antara PT OK COM. Surat Persetujuan itu ditandatangani dari PT OK COM oleh Direkturnya, Ahn Sung Wook dan dari BNP2TKI, Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah, Haposan Saragih di ruang rapat Kepala BNP2TKI, Jakarta, Kamis (2/2).
Turut hadir menyaksikan kerja sama pemberian selular itu, Kepala BNP2TKI, Deputi Bidang Penempatan BNP2TKI, Ade Adam Noch, Kepala Biro Hukum dan Humas BNP2TKI, Ramiany Sinaga, serta Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI, Haposan Saragih.
Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat mendukung gagasan pemberian seluler gratis bagi TKI yang akan ditempatkan ke Korea. Pada tahap awal, pemberian seluler ini akan diberikan bagi 22 TKI yang akan tiba di bandara internasional Incheon Korea Selatan, Selasa pada 6 Februari 2012.
Menurut Jumhur, BNP2TKI selalu mendukung upaya pihak swasta untuk memberi kemudahan kepada TKI. Termasuk upaya yang dilakukan PT OK COM untuk membagikan gratis HP kepada TKI yang akan ditempatkan ke Korea.
"Dengan memiliki handphone, TKI akan bisa berkomunikasi dengan keluarga dan pihak terkait lainnya selama bekerja di Korea," ujar Jumhur.
Tahun 2012 ini, kata Jumhur, ada lebih 10.000 TKI yang akan ditempatkan BNP2TKI di Korea. Jumhur mengharapkan semua TKI yang akan diberangkatkan ke Korea tahun 2012 itu bisa mendapatkan fasilitas telepon selular gratis canggih merek Samsung tersebut.
Selular yang diberikan kepada TKI Korea itu memang tergolong canggih karena selain untuk komunikasi biasa juga bisa akses internet. Menurut Ahn Sung Wook yang mewakili SK Telecom, pihaknya sudah bekerjasama perusahaan penerima TKI di Korea, dan SK Telecom pula yang akan membagikan HP ini kepada setiap TKI yang baru tiba di bandara Incheon.
Sementara itu Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI, Haposan Saragih menambahkan, pemberian handphone ini hanya untuk TKI yang berangkat setelah penandatanganan kerjasama ini. "Jadi, TKI ke Korea yang akan berangkat bulan Februari nanti setibanya di Korea akan mendapatkan gratis handphone ini," tutur Haposan.
Pengiriman TKI ke Korea Selatan dilakukan melalui mekanisme kerjasama penempatan antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Korea Selatan (government to government) sejak 2004. Jumlah penempatan TKI G to G ke Korea hingga akhir 2011 lalu sebanyak 34.544 orang, yang seluruhnya di bawah tanggungjawab BNP2TKI selaku pihak pemerintah Indonesia yang menempatkan TKI G to G ke Korea Selatan. (A-78/A-147)***
TKI di Korea Dapat Fasilitas HP Gratis TKI di Korea Dapat Fasilitas HP Gratis Reviewed by Admin on 10:40:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.