Ini Imbauan MUI Kepada Masyarakat Menjelang Idul Adha

Jakarta - Hari raya Idul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah yang tahun ini bertepatan dengan 12 September 2016. Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau masyarakat melaksanakan puasa sunnah Arafah sehari sebelum perayaan tersebut.

"Majelis Ulama Indonesia mengimbau kepada segenap umat Islam Indonesia untuk mempersiapkan pelaksanaan Ibadah Idul Adha dengan melaksanakan puasa sunnah Arafah pada 9 Dzulhijjah yang bertepatan dengan hari Ahad 11 September 2016," kata Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (9/9/2016).

MUI juga mengimbau masyarakat untuk menghidupkan kembali malam Idul Adha dengan menggelar takbiran namun tetap menjaga kekhusyukan dan ketertiban.

"Segenap umat Islam, khususnya pengurus organisasi massa (ormas) Islam dan takmir masjid untuk menghidupkan malam idul adha dengan pelaksanaan takbir, baik di masjid maupun di luar masjid, baik sendiri maupun berjamaah dengan menjaga kekhusyukan dan ketertiban," ujar Ma'ruf.

"Takbir keliling yang dilakukan harap berkoordinasi dengan aparat keamanan. Di saat yang lain, aparat kepolisian perlu menjamin keamanan dan ketertiban pelaksanaan takbir pada rangkaian ibadah idul adha. Umat Islam tetap dianjurkan untuk bertakbir seusai salat fardhu sampai setelah shalat ashar pada tanggal 13 Dzulhijah," jelasnya.

Selain itu, para khatib diimbau menyampaikan pesan yang menyejukkan. Serta aparat kepolisian agar menjamin keamanan dan kenyamanan umat Islam saat merayakan Idul Adha.

"Bagi umat Islam yang diberikan kelebihan rezeki, agar melaksanakan ibadah kurban, dan disalurkan kepada yang berhak," imbuh Ma'ruf. 
Ini Imbauan MUI Kepada Masyarakat Menjelang Idul Adha Ini Imbauan MUI Kepada Masyarakat Menjelang Idul Adha Reviewed by Admin on 9:16:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.