Ulat Bulu Menyerang Pohon Mangga di Kuningan

Metrotvnews.com, Kuningan: Ulat bulu kini menyerang ratusan pohon mangga di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Ada empat kecamatan yang saat ini diserang ulat bulu. Adalah Kecamatan Kuningan, Garawangi, Ciwaru, dan Luragung.
Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan berupaya mencegah agar serangan ulat bulu tidak meluas. Pohon mangga disemprot dengan pestisida.
"Ulat yang menyerang daerah Kuningan berbeda dengan ulat yang mewabah di Proboolinggo, Jawa Timur. Ulat yang menyerang di sini berwarna hitam," kata petugas Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Brigade pemberantasan hama Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan Sanusi saat melakukan penyemprotan pestisida di kompleks perumahan Kapling, Desa Ancaran, Kecamatan Kuningan, Selasa (12/4).
Ia menduga, serangan ulat bulu disebabkan kondisi cuaca yang tidak menentu sehingga sangat cocok untuk perkembangan ulat. "Wabah ulat bulu ini disebabkan karena kondisi cuaca yang ekstrem. Kasus seperti ini sering terjadi, namun kali ini jumlah ulat bulu memang lebih banyak," katanya.
Ia mengatakan wabah ulat bulu yang melanda Kabupaten Kuningan belum berdampak serius pada pertanian. Namun, penyebaran ulat bulu ini dapat mengganggu kesehatan masyarakat.
"Dikhawatirkan , wabah ulat bulu ini akan berdampak pada kesehatan masyarakat yang mengalami gatal-gatal akibat banyak ulat di mana-mana," katanya.
Selain melakukan penyemprotan, beberapa sampel ulat bulu yang sudah disemprot pestisida dibawa petugas untuk diteliti. "Kami akan meneliti daya bunuh pestisida tersebut, jika perlu dosisnya kami tambah. Saat ini menyemprotkan pestisida dengan perbandingan takaran empat cc dicampur satu liter air," katanya.
Muhammad (29), warga Desa Ancaran Desa Ancaran, Kecamatan Kuningan, mengaku sudah dibuat repot oleh ulat bulu yang mulai menyerang pohon mangga di depan rumahnya.
"Akibat banyaknya ulat bulu di pohon mangga depan rumah, kami sekeluarga sering mengalami gatal-gatal. Jika tidak cepat diantisipasi kami takut jumlahnya akan semakin banyak," katanya.(Ant/BEY)
Ulat Bulu Menyerang Pohon Mangga di Kuningan Ulat Bulu Menyerang Pohon Mangga di Kuningan Reviewed by Admin on 10:08:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.