Punya Kebiasaa Ngupil? Ini Beberapa Resikonya


Remaja.suaramerdeka.com – Selain menjadi bagian dari membersihkan diri, mengupil atau mengorek hidung untuk mengeluarkan kotoran sering dianggap sebagai kebiasaan yang dilakukan saat merasa resah.

Mengupil dapat berpotensi mengganggu kesehatan karena kuman pada jari yang digunakan untuk mengupil dapat menyebabkan infeksi pada bagian dalam hidung. Selain itu, jika nggak segera mencuci tangan, jari tangan yang digunakan untuk mengupil dapat menyebarkan virus-virus tertentu, seperti influenza.

Mengupil juga bukanlah hal yang baik dilakukan karena dapat melukai lapisan dalam hidung dan menyebabkannya berdarah. Sebaliknya, upil bisa saja mengandung kuman yang dapat berpindah ke jari.

Mengembuskan upil hingga keluar dari hidung adalah cara terbaik untuk membersihkan kotoran hidung. Gunakan tisu atau saputangan untuk melengkapi tindakan ini. Selain itu, upayakan untuk mencuci tangan dan menggunting kuku secara teratur untuk mengurangi risiko penyebaran kuman jika Anda suka memasukkan jari ke dalam hidung, baik disengaja atau nggak.

Satu trik untuk menjaga kebersihan hidung, cobalah membersihkan upil tiap pagi atau malam hari sambil mandi sehingga bisa mencegah Anda mengupil di siang hari saat sedang bersosialisasi dengan banyak orang.
Punya Kebiasaa Ngupil? Ini Beberapa Resikonya Punya Kebiasaa Ngupil? Ini Beberapa Resikonya Reviewed by Admin on 10:22:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.