Jembatan Kukar Runtuh, 3 Meninggal, 17 Luka-luka

Jembatan Mahakam II atau Jembatan Kutai Kartanegara yang juga dikenal sebagai Golden Gate Kalimantan, dan menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan, runtuh pada Sabtu (26/11/2011).

Sebanyak tiga orang meninggal dunia dan 17 luka-luka dalam peristiwa robohnya Jembatan Mahakam II atau Jembatan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Hal itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi dalam jumpa pers di tengah-tengah persiapan resepsi pernikahan putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, di Jakarta, Sabtu (26/11/2011).
"Gubernur Kaltim (Kalimantan Timur) melaporkan ke presiden, tiga orang meninggal, tujuh belas luka-luka," kata Sudi.
Jembatan terpanjang di Kalimantan yang menghubungkan Tenggarong dengan Tenggarong Seberang ambruk sekitar pukul 15.30 WITA atau sekitar pukul 16.00 WIB. Belum diketahui penyebab ambrolnya jembatan yang berusia 11 tahun itu.
"Masih dilakukan inevstigasi, kami tidak boleh menyimpulkan sebelum dilakukan investigasi," ucap Sudi.
Untuk menyelamatkan para korban, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah meluncur ke lokasi kejadian. Kepala Polri Jenderal Polisi Timur Pradopo menambahkan, Kepolisian Daerah setempat menjaga lokasi kejadian agar masyarakat sekitar tetap dapat beraktivitas.

Dikira Suara Pesawat, Tahunya Jembatan Runtuh

Jembatan Mahakam II atau terkenal dengan Jembatan Kutai Kartanegara, Sabtu (26/11/2011), runtuh.

Jembatan Mahakam II atau lebih dikenal sebagai Jembatan Kutai Kartanegara, Sabtu (26/11/2011) pukul 16.20 Wita runtuh. Sapto Anggoro, saksi mata, kepada Kompas.com mengatakan, dia mendengar seperti suara pesawat. "Saya kira suara pesawat, sangat keras. Ternyata jembatan yang runtuh," kata Sapto yang berada sekitar 100 meter dari jembatan yang dikenal sebagai "Golden Gate"-nya Kalimantan itu.
"Jembatan itu ambruk dari ujung ke ujung," kata Sapto yang berdomisili di Bogor, Jabar.
"Jelas ada kendaraan yang nyemplung, tapi jumlahnya belum tahu," sambung Sapto.
Sapto berada di Kukar, Kalimantan Timur, untuk menghadiri pernikahan keluarga, besok (Minggu, 27/11/2011) di Gedung Putri Karang Melenu yang berada di Tenggarong Seberang. "Karena jembatan runtuh, lokasi pernikahan dipindahkan," katanya.
Jembatan Mahakam II sepanjang 580 meter ini menghubungkan Tenggarong Seberang dengan Kota Tenggarong. Saat ini masyarakat memadati runtuhnya jembatan yang menjadi urat nadi perekonomian di Kabupaten Kutai Kartanegara tersebut. 

Jembatan Kukar Runtuh, 3 Meninggal, 17 Luka-luka Jembatan Kukar Runtuh, 3 Meninggal, 17 Luka-luka Reviewed by Admin on 7:51:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.